Kine Klub
Universitas Muhammadiyah Malang
Kine Klub
Universitas Muhammadiyah Malang

11th MAFI Fest 2015

Author : Administrator | Senin, 09 Maret 2015 19:52 WIB

“11 TAHUN MAFI FEST, SPESIAL UNTUK SINEAS “NGALAM”

MALANG Film Festival (MAFI Fest) persembahan dari Kelompok Studi Sinematografi Klub Universitas Muhammadiyah Malang (Kine Klub UMM) hadir kembali di tahun 2015. Festival film pendek bagi kalangan pelajar dan mahasiswa yang sebelumnya disebut Malang Film Video Festival (MAFVIE Fest) sudah memasuki usia ke sebelas tahun di tahun ini. Entry karya MAFI Fest 2015 telah dibuka sejak Rabu (17/12/14) lalu. Entry karya akan dibuka hingga 28 Februari 2015, dan tahun ini MAFI Fest memberikan sesuatu yang berbeda khusus bagi sineas yang ada di Malang.

Mencoba selalu memberikan sesuatu yang berbeda, dalam MAFI Fest tahun ini terdapat perubahan nama program dan penambahan satu program yang khusus diadakan untuk lebih mengapresiasi film-film pendek garapan sineas di Malang Raya. Program yang pada tahun sebelumnya disebut Sesi Malangan, yaitu program kompetisi pelajar Malang berubah nama menjadi Nawak Ngalam. Kemudian untuk program barunya adalah Sesi Malangan, yakni program non kompetisi yang mewadahi film-film asli Malang dengan sutradara yang berdomisili di Malang. Kemudian, film tersebut dibedah bersama dengan sineas lainnya agar produk film Malang lebih dikenal.

Nawak Ngalam dilaksanakan sebagai ajang apresiasi khusus dari MAFI Fest untuk pelajar Malang tingkat SD/SMP/SMA/MA/SMK. Setiap film yang masuk akan dikompetisikan secara nasional. Setelah itu, panitia akan memberikan apresiasi tambahan bagi produk film Malang dengan mengambil pemenang favorit versi penonton.

Program baru serta apresiasi tambahan bagi sineas Malang merupakan perwujudan dari tema MAFI Fest 2015 yaitu “Kearifan Lokal”. Makna dari Kearifan Lokal sendiri adalah tata nilai atau perilaku hidup masyarakat lokal dalam berinteraksi dengan lingkungan tempatnya hidup secara arif. Dengan hadirnya MAFI Fest, diharapkan dapat menjadi tempat berkumpul serta menjalin tali silahturahmi antar sineas dari seluruh wilayah di Indonesia. Berbagi pengetahuan serta pengalaman dalam keberagaman kearifan lokal masing-masing sineas, dapat mendorong sineas untuk mengangkat kearifan lokal daerahnya melalui media audio visual.

Dengan tema yang berbeda dengan tahun lalu, MAFI Fest 2015 juga hadir dengan ikon yang berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini, ikon MAFI Fest adalah Kupu-Kupu. Siapa yang tidak mengetahui kecantikan Kupu-Kupu setelah melalui metamorfosanya. Tidak ada Kupu-Kupu yang tumbuh cantik tanpa melalui proses ulat atau kepompong. Inilah filosofi yang ingin disampaikan pada MAFI Fest 2015. Bahwa, film maker dan komunitas film hidup sebagai manusia, tidak dapat begitu saja menuju suatu kesuksesan. Melainkan, layaknya seekor Kupu-Kupu. Film maker dan komunitas film di seluruh Indonesia haruslah dapat selalu mengkonstruksi dan berani merevolusi diri sehingga dapat berkontribusi dalam memajukan perfilman di Indonesia.

Di usianya yang sudah sebelas tahun, MAFI Fest sudah cukup dikenal oleh banyak sineas di Nusantara. Namun, MAFI Fest juga harus dikenal baik oleh masyarakat umum khususnya di daerah Malang agar eksistensinya semakin kuat. Hal tersebut diwujudkan dalam pelaksanaan layar tancap terbuka dengan memutar film-film pendek. Hal ini bertujuan untuk mendekatkan film pendek pada masyarakat dan masyarakat Malang mengetahui bahwa Malang memiliki MAFI Fest.

Seluruh kepanitiaan MAFI Fest 2015 tentu sangat berharap, festival film yang sudah hadir sejak 2004 ini, dengan program barunya dapat dikenal dan dipercaya sebagai wadah apresiasi film pendek lokal, khususnya bagi sineas Malang juga dikenal oleh seluruh masyarakat umum.

Sumber : http://malangfilmfestival.com/?p=100

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image