Kine Klub
Universitas Muhammadiyah Malang
Kine Klub
Universitas Muhammadiyah Malang

Tanam Benih Sineas Kreatif melalui Diklat Dasar #15 Kine Klub UMM

Author : Administrator | Minggu, 23 November 2014 19:09 WIB
Senam Bersama anggota baru #15
Senam Bersama anggota baru #15

"Rec and Roll!" ini lah jargon yang selalu diteriakkan dengan keras oleh para anggota Kine Klub UMM #15 saat mengikuti serangkaian acara diklat pada tahun ini. Diklat yang dilakukan pada September hingga November 2014 ini diikuti oleh 143 anggota baru. Diklat ini terbagi menjadi tiga tahap. Tahapan itu antara lain : Diklat Tuang Teori, Diklat Penyegaran dan Diklat Lapang. Sebelum mengikuti diklat ini, anggota baru terlebih dahulu harus mengikuti Screening Film dan Technical Meeting agar memperoleh informasi atau pengetahuan dasar tentang film atau diklat itu sendiri.

Screening Film Diklat.

IMG_1179
Suasana Screening Film Diklat #15

Ritual wajib yang penting untuk dilakukan sebelum belajar memproduksi film pendek adalah dengan mencari referensi film pendek, agar kita mengetahui apa itu film pendek, apa saja jenisnya dan bagaimana film pendek bercerita. Seperti halnya yang dilakukan oleh anggota baru Kine Klub UMM ini. Sebelum memproduksi sebuah film, mereka diwajibkan untuk menonton 2 film pendek dan memberikan penilaian atas masing-masing film berdasarkan pendapat dan pengetahuannya. Screening Film yang diadakan pada tanggal 6-10 Oktober 2014 ini tersedia sepuluh sesi pemutaran yang terbagi menjadi dua sesi disetiap harinya. Film-film yang diputar antara lain: Dilarang Mencontek, Wrong Day,Baju Baru, Halte, Banyu, Choice, Battle, Wasiat, Palak.

Technical Meeting (TM)

IMG_2576
Suasana Technical Meeting Diklat Dasar #15

TM memberikan informasi menyeluruh atas kegiatan Diklat dan melakukan pembayaran registrasi bagi calon anggota yang ingin mengikuti diklat. TM diadakan di Aula Masjid lt 1 UMM tanggal 12 Oktober 2014. Di acara ini, juga ada materi santai tentang “Asyiknya Produksi Film” oleh Ario Nanda S dan materi tentang Eksebisi Film oleh M. Ismael Hamzah.

Diklat Ruang Teori

IMG_2724
Hadi (tengah) sedang menjelaskan materi tentang penulisan skenario

Tahapan ini memberikan seluruh teori dasar dalam produksi film pendek. Mulai dari Penulisan Skenario, Manajemen Produksi, Penyutradaraan, DOP, Sound, Artistik, Editing hingga Manajemen Organisasi dan Apresiasi Film. Para anggota baru telah dibentuk kelompok-kelompok tanpa saling mengenal satu sama lain sebelumnya, agar mereka dapat saling berbaur, karena kelompok tersebut nantinya akan berproduksi film masing-masing. Dalam tahapan ini, masing-masing anggota mengumpulkan ide cerita, yang nantinya akan dipilih untuk diproduksi. Acara ini terbagi dalam 3 hari, pada tanggal 17-19 Oktober 2014 di Aula Teknik GKB 3 UMM. Beberapa film pun juga diputar dalam acara ini, seperti Cerita Ivy, Rena Asih, Sop Buntut dan 4l@y : According to Alay.

Diklat Penyegaran!

IMG_0015
Anggota baru sedang reharsal di lokasi Diklat Ruang Praktek

Diklat Penyegaran! atau nama lain dari Diklat Ruang Praktek. Setelah mendengarkan seluruh materi teori Diklat Ruang Teori, disini para peserta tidak lagi hanya mendengarkan dan melihat saja, namun saatnya para peserta mampu menerapkan secara langsung pengaplikasian materi yang di berikan langsung dengan pendampingan dari pemateri. Para peserta tidak lagi terbatas dengan tembok dan ruangan, ia bebas mengeksplor apa yang ia ingin pelajari. Diklat Ruang Praktek diadakan di Villa Songgoriti, Batu pada 24 – 26 Oktober 2014. Dalam tahap ini, peserta diklat mendapatkan materi praktikal dalam produksi film. Hari pertama, peserta membuat breakdown per jobdisk, hari kedua diskusi per jobdisk, hari ketiga Reharsal Produksi dan materi Apresiasi Film. Beberapa film karya Kine Klub UMM diputar disini, seperti Cari Wali, Dimensi dan Dengar!. Setiap pagi para peserta diklat juga diajak untuk senam bersama sebelum masuk ke materi.

Diklat Lapang

Roll and Action! Waktunya peserta mempraktekkan semua materi yang telah didapatkan di Diklat Ruang Teori dan Praktek. 8 Kelompok anggota baru dengan setiap kelompoknya -+ 20 orang, masing-masing bersama kelompoknya memfilmkan ide cerita yang telah dipilih. Berikut jadwal Diklat Lapang mereka :

Pra Produksi : 27 Oktober – 9 November 2014.

Produksi Gel 1 : 10 – 12 November 2014.

Produksi Gel 2 : 17 - 19 November 2014.

Pasca Produksi Gel 1 : 13 – 15 November 2014.

Pasca Produksi Gel 2 : 20 – 22 November 2014.

Produksi Gel 2 : 17 - 19 November 2014.

Pasca Produksi Gel 1 : 13 – 15 November 2014.

Pasca Produksi Gel 2 : 20 – 22 November 2014.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image