PRODUKSI KE-18 DIKALA PANDEMI

Rabu, 05 Januari 2022 10:04 WIB

Produksi bersama atau biasa dikenal dengan prodber menjadi program wajib setiap tahun bagi Kine Klub yang merupakan kelompok Studi Sinematorgrafi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Namun semenjak beberapa tahun terakhir, wabah virus corona menjadi kendala bagi Kine Klub untuk melakukan produksi bersama. Produksi yang harus melakukan syuting secara langsung di lapangan dan tentunya melibatkan orang banyak menjadi kendala serius bagi Kine. Hal itu membuat Kine Klub pada tahun 2020 harus vakum dari prodber karena keterbatasan situasi dan kondisi dari pandemi Covid-19. 

Setelah setahun lebih tepatnya pada Juni 2021, akhirnya Kine Klub berani untuk menggelarkan prodber dan bekerja sama dengan Mahasiswa Relawan Siaga Bencana (Maharesigana) dalam memproduksi karya film fiksi. Film fiksi tersebut mengangkat tema Sex Education dengan mengambil isu Catcalling yang sering terjadi di lingkungan masyarakat, menariknya Catcalling disini tertuju kepada pihak pria. Produksi besar film fiksi kali ini diikuti oleh 4 Angkatan dari Kine Klub UMM, dimana proses pra produksi film ini dimulai pada Juni 2021, kemudian adanya proses produksi atau syuting selama empat hari yaitu pada tanggal 10, 16, 17 dan 18 Oktober 2021, dilanjut dengan proses pra produksi yaitu editing yang dilakukan pada bulan Oktober hingga Desember 2021. 

Proses produksi sendiri dilakukan di dua tempat yaitu di Lapangan Kampus 3 UMM dan Villa Bhagawanta Batu. Memilih tempat untuk proses syuting juga membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan sulitnya menemukan lokasi syuting yang dapat menerima tim termasuk talent yang terbilang cukup banyak, dimana produksi ini melibatkan 45 orang. Hal itu disebabkan karena pada bulan Oktober 2021 sendiri masih diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatasn Masyarakat (PPKM) level 3 di Jawa Timur. Bahkan Villa Bhagawanta Batu selain menjadi tempat syuting juga sekaligus menjadi basecamp bagi kru-kru Kine Klub.

Kendala-kendala yang ada tentu tidak membuat Kine Klub dan Tim patah semangat dalam menjalankan prodber kali ini. Tepat pada 08 Januari 2021 kemarin, Kine Klub berhasil menayangkan hasil karya film fiksi berjudul “ A Thread” yang streaming langsung di channel youtube Kine Klub UMM. Total dari pemirsa yang ikut menyaksikan streaming di Youtube berjumlah 241 penonton dan sebanyak 60 orang juga ikut menyaksikan langsung di Zoom. Karya film fiksi ini juga akan diikutsertakan pada festival yang akan berlangsung di Indonesia.

Shared: